Tahun Ini, Sampah Depok Akan Mulai Dibuang ke Nambo Bogor

KabarPublik-Cimanggis
Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, tahun ini akan mengalihkan pembuangan sampah dari TPA Cipayung ke Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Lulut-Nambo,  Kabupaten Bogor.

H Ridwan
Ditemui di kantornya,  Sekretaris DLHK kota Depok,  H Ridwan mengatakan, Walikota Depok sudah duakali mengirim surat ke Gubernur Jawa Barat (Jabar) untuk meminta percepatan realisasi pembuangan sampah dari TPA Cipayung Depok ke TPPAS Nambo.
"Ya hampir setiap minggu rapat dengan provinsi Jabar untuk meminta agar dipercepat pembuangan sampah ke Nambo. Pak Walikota sudah duakali membuat surat kepada Pak Gubernur untuk meminta percepatan pembuatan sampah dari Depok ke Nambo. Insha Allah..tahun ini sudah dimulai dialihkan ke sana [Nambo]," kata Ridwan kepada kabarpublik.co.id, Rabu (3/7/19).
Apalagi gubernur Jabar dan PUPR sudah mendukung keinginan Pemkot Depok untuk mempercepat pembuangan sampah Depok ke Nambo.

Gunung sampah di TPA Cipayung ketinggiannya mecapai 50 meter. 

Alasan dipercepat pembuangan sampah Depok ke Nambo, menurut Ridwan,  mengingat situasi dan kondisi keberadaan TPA Cipayung selama ini sudah tidak memadai lagi." TPA cipayung sudah overlood,  sehingga Pak Walikota duakali mengirim surat kepada Pak Gubernur Jawa Barat meminta percepatan pembuangannya. Alhamdulillah direspon Gubernur," ujarnya.
Untuk itu PT JBL sebagai pelaksana pembangunan TPPAS Nambo, lanjutnya,  diminta agar pembangunan fasilitas untuk Depok dipercepat dari rencananya selesai tahun 2020.
Mengenai sistem pembuangan ke TPPAS Nambo, Ridwan menuturkan, sampah yang bisa dibuang ke Nambo harus dalam bentuk press (RDF)." Sedangkan sampah yang kita buang dalam bentuk gelondongan.  Hal ini hanya teknis saja," ujarnya.
Bagaimana keberadaan TPA Cipayung pasca dialihkan pembuangan sampah ke Nambo,  Ridwan menegaskan, tidak akan ditutup apalagi sistem pembuangan sampah di Nambo sampahnya harus berbentuk press.
"Meski pembuangan sampah nanti sudah dialihkan ke Nambo,  tidak berarti TPA Cipayung tetap difungsikan," pungkasnya. (jaya)


Post a Comment

0 Comments