Musholla An Ni'mah Chandra Baru Bagikan Sembako Gratis Untuk Warga Terdampak Covid19

KabarPublik-Jatirahayu
Masjid/musholla tidak hanya sebagai tempat sholat dan kegiatan keagamaan lain, akan tetapi rumah Allah ini juga berfungsi untuk kegiatan muamalah (sosial).

Sejumlah jamaah mengemas sembako.

Apalagi dalam situasi Darurat Virus Corona Desease (Covid) 19 sekarang,  dimana pemerintah memberlakukan lockdown atau karantina bagi masyarakat sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid19. Ternyata kebijakan ini tidak saja berdampak terhada ekonomi makro,  namun perekonomian keluarga ikut terpuruk pula. Sebab,  selama Darurat Covid19, para pekerja dan pedagang sektor informal mengalami dampak buruk karena tidak lagi memiliki pendapatan. Padahal,  setiap hari kebutuhan keluarga harus tetap ada.

Paket sembako gratis untuk warga
Melihat terpuruknya perekonomian keluarga di tengah situasi Darurat Covid19 belum ada kepastian kapan akan berakhir, untuk itu masjid dan musholla mengambil peran dan fungsi muamalah (sosial) untuk membantu pemerintah dalam meringankan beban kesulitan perekonomian warga terdampak Covid19.
Jejeran beras untuk dibagikan ke masyarakat. 

Sejalan dengan pemerintah,  pengurus DKM Musholla An Ni'mah di perumahan Chndra Baru RW 17, Kelurahan Jatirahayu,  Kecamatan Pondok Melati,  Kota Bekasi, Jawa Barat menggalang donasi/ sumbangan: Dari Masyarakat,  Oleh Masyarakat dan Untuk Masyarakat jamaah dan warga di sekitar musholla yang perlu dan butuh dibantu.
Penggagas kegiatan Muamalah (sosial) Musholla An Ni'mah, Suherman mengatakan,  aksi kepedulian sosial ini setelah melihat situasi dan kondisi saat ini berdampak buruk terhadap perekonomian warga,  untuk itu musholla An Ni'mah mencoba ikut membantu pemerintah dalam membantu nasyarakat yang membutuhkan.
"Ini kegiatan sosial dan kemanusiaan,  untuk itu bantuan dari musholla An Ni'mah ini tidak hanya untuk jamaah dan umat Islam saja,  akan tetapi warga Chandra Baru termasuk juga saudara-saudara kita non muslim yang ada di sekitar musholla," kata Suherman kepada kabarpublik.co.id, Senin (6/4/20).
Sesungguhnya aksi kepedulian sosial ini,  menurut Suherman,  bukan karena adanya Darurat Covid19, namun Musholla An Ni'mah akan selalu berusaha untuk membantu masyarakat yang memerlukan dan patut dibantu."Jadi bukan karena hanya adanya masalah Covid saja, namun Musholla An Ni'mah akan berupaya membantu warga," tuturnya.
Mengenai pendanaan kegiatan sosial tersebut,  menurut Suherman, tidak hanya berupa dana,  tapi ada juga bantuan barang sembako dari jamaah musholla dan donatur."Kalau sumbangan berupa uang kemudian kami belikan sembako, karena nantinya sumbangan kepada masyarakat dalam bentuk paket sembako gratis," Jelasnya.
Paket sembako gratis yang akan disalurkan kepada warga diantaranya beras, telor,  minyak goreng dan gula pasir.
Untuk menghindari kerumunan massa,  Suherman menuturkan,  penyaluran sembako secara door to door. "Insya Allah.. rencananya hari senin ini (6/4/20) akan disalurkan, " ucapnya.
Selain jamaah musholla dan warga di Chandra Baru,  bantuan sembako diberikan kepada sejumlah warga di Bulak Tinggi dan Rawa Bacang,  kedua lingkungan yang berada di sekitar Chabdra Baru. (jaya)

No comments:

Post a Comment