Kelurahan Ponjay Sulit Temukan Contoh Rumah Sehat

KabarPublik-Citayam
Kelurahan Pondokjaya (Ponjay), Kecamatan Cipayung, Kota Depok hingga kini kesulitan menemukan contoh rumah sehat di wilayah tersebut.

Lurah Ponjay,  Mulyadi memberikan pengarahan dan sekigus penutupan kegiatan Kelurahan Sehat di aula kelurahan,  Rabu (2/9/20).

Hal itu diungkapkan Lurah Pondokjaya,  Mulyadi dan Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Forum Kelurahan Sehat Ponjay,  Ayu Suhani pada Rapat Koordinasi  (Rakor) Kelurahan Sehat Ponjay di aula kelurahan,  Rabu siang (2/9/20).
Lurah Ponjay,  Mulyadi mengakui,  bila mengacu kriteria Rumah Sehat maka sangat sulit ditemukan contoh rumah sehat di wilayah Ponjay.

Peserta antusias menyimak kegiatan rakor kelurahan sehat. 
Secara umum kriteria rumah sehat,  dia menjelaskan, sebuah rumah yang berdiri sendiri tanpa menempel dengan rumah lain,  kecuali pepohanan di sekeliling rumah,  terdapat kolam ikan dan teman bermain keluarga.
"Terus terang saja agak sulit menemukan contoh rumah sehat seperti yang disyaratkan tersebut,  karena rumah-rumah di wilayah Ponjay  umumnya saling menempel dinding rumahnya," kata Mulyadi.
Hal yang senada juga disampaikan Ketua Pokja Forum Kelurahan Sehat Ponjay,  Ayu Dihani. "Kami sudah berkeliling wilayah fi semua lingkungan mulai dari RW 01 sampai RW 07, namun sampai sekarang saya belum temukan contoh rumah sehat seperti yang disyaratkan," ujar Ayu.
Mulyadi menambahkan,  sesungguhnya Kelurahan Sehat merupakan suatu program untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya kebersihan dan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari baik secara perorangan,  masyarakat maupun lingkungan.
"Jadi contoh rumah sehat itu salah satu dari program Kelurahan Sehat, namun sesungguhnya kelurahan sehat untuk kembali menggugah masyarakat untuk hidup bersih dan sehat jasmani dan rohani," tutur Mulyadi.
Rakor Kelurahan Sehat Ponjay dihadiri Ketua LPM Kelurahan Ponjay,  Hasan,  Ketua Forum RT /RW se Ponjay,  Kalan Mujlani,  Ketua TP PKK Kelurahan Ponjay bersama para kader PKK, pengurus RT/RW.
Sebelumnya Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Kelurahan Ponjay,  Mintarsih menjelaskan,  Rakor Kelurahan Sehat merupakan kegiatan terakhir dari Kegiatan Kelurahan Sehat yang telah diadakan selama beberapa hari lalu. (jaya)

No comments:

Post a Comment