Obsesinya Raih Juara Lagi di Lomba 3R, Jatijajar Andalkan Lilin Minyak Jelanta

KabarPublik-Jatijajar

Obsesi meraih juara kembali, dalam mewakili Kecamatan Tapos, Kelurahan Jatijajar mempercayakan Bank Sampah Swadaya Berseri RW 06 mempertaruhkan daur ulang minyak jelanta didalam lomba (3 R) antar Bank Sampah 2021 se Kota Depok. 

Inulah lilin minyak jelatan jadi produk andalan RW06 Kelurahan Jatijajar mewakilo Kecamatan Tapos pada lomba 3R antar bank sampah 2021 se Kota Depok. 

Pengelolaan sampah secara global dengan metode 3R atau Reduce (kurangi), Reuse (gunakan kembali), Recycle (daur ulang. Ini adalah upaya bertahap, yang diawali ketika sampah belum diproduksi. 

Lurah Jatijajar,  Sugino menjelaskan,  pada lomba tahun 2019 Kelurahan Jatijajar diwakili bank sampah RW 09 dan meraoh juara pertama tingkat Kota Depok. 

"Untuk itu pada even yang sama tahun ini giliran RW 06 Kelurahan Jatijajar yang kami percayakan  untuk mrwakili Kecamatan Tapos, " kata Sugino kepada kabarpublik.co.id dan mimbardepok. com,  Kamis (1/4/21).

Para kader memperlihatkan produk hiasan daur ulang limbah sampa. 

Setelah lolos mengikuti babak penyisihan secara virtual pada Kamis (1/4/21),  menurut Sugino, tim nantinya akan melakukan pendataan secara langsung ke lokasi Bank sampah Swadaya Berseri Rw 6 jatijajar.

"Sesungguhnya juara bukan tujuan akhir kami mengikuti lomba ini,  tapi dengan kegiatan ini untuk membangkitkan dan memotivasi warga bersungguh-sungguh dalam kebersihan baik di lingkungannya dan rumahnya," tandasnya. 

                              Sugino 

Pada perlombaan tahun ini,  Sugino menjelaskan, RW 06 membawa produk unggulannya berupa daur ulang minyak jelanta menjadi lilin. 

"Produk unggulan lilin minyak jelantah kekuatannya untuk berukurankecil bisa menyala selams 5 jam, hal ini sudah dicoba pada saat listrik pada selama satu jam di Depok beberapa minggu lalu," papar Sugino yang sekarang juga menjabat Plt Sekcam Tapos itu. 

Selain lilin minyak jelanta,  menurut Sugino, wilayahnya juga menampilkan produk unggulannya berupa ondel ondel dari botol limbah sampah. (jaya) 


No comments:

Post a Comment