Berobat Gratis di TPA Cipayung Warga Kudu Ekstra Sabar Menunggu Kehadiran Dokter

KabarPublik-Cipayung.

Semenjak disediakan fasilitas kesehatan (faskes) di Tempat Pemrosesan sampah Akhir (TPA) Cipayung, Kota Depok ternyata mendapat respon positif masyarakat di sekitar TPA.

Untuk memastikan situasi faskes, Kasubag TU UPT TPA Cipayung diajak wartawan guna melihat langsung faskes di TPA Cipayung, Rabu (2/6/21).

Fasilitas kesehatan diantaranya melayani pemeriksaan dan pengobatan gratis yang dibuka setiap hari Rabu itu dimanfaatkan warga sekitar TPA untuk berobat secara gratis.

Hasil kerjasama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok dengan Dinas Kesehatan Kota Depok, untuk  UPT Puskesmas Cipayung rutin menurunkan tim medis setiap hari Rabu melayani warga yang berada di sekitar TPA.

Namun warga yang  berobat di fasilitas kesehatan TPA Cipayung kerapkali harus menunggu lama tim medis. Padahal, warga seringkali menunggu dari pagi hingga siang hari.

Ketika berkunjung di fasilitaa kesehatan TPA Cipayung, Rabu (2/6/21),  dua orang  pasien berusia lanjut tengah berada didalam ruang.kesehatan.

Warga Lansia itu mengaku, dirinya bersama sejumlah warga sejak pagi hingga siang menunggu kehadiran tenaga kesehatan untuk berobat, tapi belum juga ada oetugas yang datang.

"Tadi mah banyak yang lagi nungguin dokternya. Tapi karena lama nungguin yang lainnya pada pulang dulu. Katanya belum pada masak," tutur warga itu kepada KabarPublik.co.id, Rabu (2/6/21).

 Meski warga lain sudah meninggalkan fasilitas kesehatan TPA itu, namun wanita lansia itu masih tetap menunggu."Saya mah tunggu aja kali-kali (mudah2an) dokternya bentar lagi datang," ujar wanita itu.

Secara terpisah, Kepala UPT TPA Cipayung, Ardan Kurniawan sempat merasa kaget saat dikonfirmasi.

Namun setelah mengecek dan mengonfirmasi kepada UPT Puskesmas Cipayung, Ardan menjelaskan, pelayanan kesehatan di TPA Cipayung masih tetap berlangsung secara rutin setiap hari Rabu.

"Hanya saja tenaga kesehatan di UPT Puskesmas jumlahnya terbatas, sementara pelayanan di Puskesmas juga rame, sehingga diatur pembagian waktu pelayanan antara di Puskesmas dan TPA Cipayung," kata Ardan kepada KabarPublik.co.id via telpon, Kamis pagi (3/6/21).

Untuk itu petugas kesehatan UPT Puskesmas Cipayung melayani di Puskesmas pada pagi hari seusai dari Puskesmas Cipayung barulah mereka melayani warga di TPA Cipayung.

" Iya, mungkin tenaga kesehatannya perlu ditambah, sehingga ada yang khusus di Puskesmas, ada pula yang melayani warga di TPA Cipayung. Saya maklum bila petugasnya capek  karena pagi di Puskesmas nanti siang misalnya harus ke TPA Cipayung," pungkas Ardan. (jaya)


No comments:

Post a Comment