Lurah Yedi Tutup Resmi Pelatihan Satlinmas Sukmajaya 2021

KabarPublik-Sukmajaya

Selama dua hari pelatihan secara indoor dan outdoor, Lurah Sukmajaya, Yedi menutup resmi seluruh kegiatan Pelatihan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kelurahan Sukmajaya tahun 2021 di aula kelurahan,Selasa (19'10/21).

Didampingi Kasi Pemerintahan Kelurahan Sukmajaya, Nunung Sri Nugraha (berhijab), Lurah Sukmajaya, Yedi menyerahkan sertifikat lulus Pelatihan Satlinmas kepada dua perwakilan peserta di kantor kelurahan, Selasa (19/10/21).

Penutupan secara resmi Pelatihan Satlinmas ditandai pemberian sertidikat tanda lulus pelatihan kepada dua peserta.

Dalam sambutannya, Yedi memberikan apresiasi dan terima kasih kepada para peserta anggota Satlinmas kelurahan dan seluruh RW yang telah mengikuti pelatihan dan berperan aktif dalam Kamtibmas di wilayah Sukmajaya.

Selepas penutupan pelatihan Satlinmas, lurah, sekkel, kasi Pemerintahan dan LPM Sukmajaya foto bersama.

"Tugas bapak-bapak Linmas sangat mulia, dan tidak semua orang mampu melaksanakannya, apalagi mereka tidak memperoleh gaji," kata Yedi.

Satlinmas merupakan garda terdepan dalam ikut menjaga Kamtibmas di lingkungan RW, seperti musibah kebakaran, banjir, longsor dan bencana puting beliung." Ya seperti bencana puting beliung bwbwrapa waktu lalu, para anggota Linmas berperan aktif membantu warga," ujarnya.

Sementara itu Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Sukmajaya, Nunung Sri Nugraha menjelaskan, kegiatan Pelatihan Satlinmas selama dua hari (18-19 Oktober) dibuka Camat Sukmajaya, Feri Birowo diikuti 65 anggota Satlinmas terdiri dari 10 anggota Linmas Kelurahan Sukmajaya, sisa Linmas RW.

"Pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas Linmas kelurah\n dan RW agar tahu tugas pokok dan fumgsi dalam mengemban tanggungjawabnya menjaga Kamtibmas," kats Nunung.

Dia.mengakui, kelurahan hanya mempunyai 10 anggota Linmas, sedangkan cakupan wilayah tugas cukup luas.

Sementara di setiap lingkungan mempunyai anggota Linmas atau keamanan lingkungan, namun  selama ini belum terjalin  konunikasi, informasi dan koordinasi  baik sesama RW maupun dengan Linmas kelurahan.

"Selain untuk terjalin sinergitas diantara anggota Linmas,  pelatihan ini memberikan pembekalan ilmu tentang Linmas agar mereka tahu tupoksi Satlinmas itu seperti apa," pungkas Nunung.

Untuk itu pembekalan tupoksi Linmas, menurut Nunung, menampolkan narasumber diantaranya Kepala Kesbangpol Depok, Hakim Siregar dan Kabid PSD Satpol PP Depok, Deni Wahyu, sedangkan peraturan baris berbaris diberikan anggota Babinsa dan anggota Babinkamtibmas. (jaya)


No comments:

Post a Comment