Boponter Gelar Pelatihan Penyusunan Profile Kelurahan Layak Anak

KabarPublik- Boponter 

Untuk akurasi data, Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter), Kecamatan Cipayung, Kota Depok menggelar Pelatihan Penyusunan Profile Kelurahan Layak Anak, Kamis (25/8/22). 

Lurah Boponter, Agus Suryana memberikan sambutan di pembukaan kegiatan Pelatihan Penyusunan Profile Kelurahan Layak Anak Kelurahan Boponter, Kamis (25/8/22).

Kegiatan sehari itu dibuka resmi Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cipayung, M Rifai dan Lurah Boponter, Agus Suryana.

Dalam sambutannya, Sekcam Cipayung, M Rifai meminta kegiatan RW Ramah Anak agar terus ditingkatkan agar dapat bermanfaat bagi anak-anak.

Para peserta Pelatihan Penyusunan Profile Kelurahan Layak Anak Kelurahan Boponter foto bersama Kamis (25/8/22).

"Kami mengapresiasi pelatihan dan berharap terus ditingkatkan kegiatan-kegiatan di RW Ramah Anak agar anak-anak merasakan manfaatnya," kata Rifai.

Lurah Boponter, Agus Suryana menuturkan, penyusunan profile Kelurahan Layak Anak bertujuan untuk memperoleh data yang akurat."Sehingga Kelurahan Boponter memiliki data yang akurat mengenai profile RW Ramah Anak," ujarnya. 

Kepala seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan (Kasie Kemaspel) Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter), Eli Elyawati mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 50 peserta dari 13 RW yang ada di Boponter.

"Didalam pelatihan tersebut, para peserta diajarkan cara membuata profile Kelurahan Layak Anak," kata Eli kepada KabarPublik.co.id, Kamis (25/8/22).

Tujuan dari kegiatan ini, lanjut Eli menjelaskan, untuk melihat sejauh mana kegiatan-kegiatan RW Ramah Anak terhadap lima cluster.

Kelima klaster hak anak, jelasnya, yaitu hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus.

"Kelima klaster ini setiap tahun harus ditinjau kembali apakah ada perubahan atau tidak, seperti hak anak memperoleh akta kelahiran dan lainnya," paparnya. 

Nara sumber dalam kegiatan ini, menurut Eli, yakni: Anis Wulandari dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A2PKB) Kota Depok.Dan Retno dari Forum Kota Layak Anak (Fokla) Kota Depok.

Kegiatan pelatihan penyusunan profile Kelurahan Layak Anak, menurut Eli, diikuti 50 peserta terdiri dari Ketua RW Ramah Anak beserta anggota, Fokla Kecamatan Cipayung dan Gugus Tugas Kelurahan Layak Anak Boponter.(jaya)


No comments:

Post a Comment