Lokmin Triwulan Puskesmas Panmas Bahas ODF dan BIAN

KabarPublik- Depok 

UPTD Puskesmas Pancoran Mas (Panmas) menggelar Lokakarya Mini Tiga Bulanan (Lokmin Triwulan) dengan agenda pembahasan terkait ODF dan BIAN di kantor Kelurahan Depok, Senin (26/9/22). 

Camat Panmas, Saiful Hidayat memberikan sambutan pada kegiatan Lokmin Triwulan UPTD Puskesmas Panmas di kantor kelurahan Depok, Senin (26/9/22).

Kegiatan sehari gabungan Kelurahan Depok dan Kelurahan Panmas dihadiri Camat Panmas, Saiful Hidayat, Lurah Depok, Herman Beta dan Sekkel Panmas, Gunawan.

Dalam sambutannya, Saiful Hidayat mengapresiasi dan berharap kegiatan Lokmin Triwulan itu tidak lupa membahas evaluasi Bulan Imunisasi Anak Nadional (BIAN).

Kepala UPTD Puskesmas Panmas, dr Sih Mahayanti memberikan pemaparan materi terkait evaluasi kegiatan grebek jamban helikopter dan BIAN pada acara Lokmin Triwulan Puskesmas Panmas, Kamis (26/9/22).

"Saya berharap agar Lokmin Triwulan kali ini mengevaluasi trend BIAN di wilayah Kecamatan Panmas," kata Saiful.

Lurah Depok, Herman Beta menjelaskan Lokmin Triwulan kali ini merupakan evaluasi kegiatan edukasi dan sosialisasi Perda nomor 8/2018 tentang Limbah Air Domestik (rumah tangga)

Seusai pembukaan Lokmin Triwulan Panmas, Camat Panmas, Saiful Hidayat dan Lurah Depok, Herman Beta foto bersama para peserta Lokmin, Senin (26/9/22).

Sementara itu,  Kepala UPTD Puskesmas Panmas, dr Sih Mahayanti menjelaskan, Lokmin Triwulan kali ini gabungan Kelurahan Depok dan Kelurahan Panmas dengan agenda pembahasan diantaranya Sosialisasi Quick Wins, evaluasi grebek jamban helikopter dan pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), evaluasi kegiatan BIAN.

Untuk kegiatan Grebek Jamban Helikopter, jelasnya, telah dilaksanakan di Kelurahan Panmas pada 21 September, dan Kelurahan Depok pada 22 September.

Menurut dia, hasil grebek Jamban Helikopter untuk wilayah Panmas ada satu jamban, tetapi sudah dibongkar sendiri pemiliknya, sedangkan di Kelurahan Depok ada lima helikopter dan pemiliknya bersedia akan membongkar sendiri. Untuk itu perlu kita pantau terus.

"Kepala Keluarga (KK) yang mendapat bantuan pembuatan septi tank tahun 2022,  untuk wilayah Kelurahan Panmas sekitar tujuh KK, sementara Kelurahan Depok ada 50 KK," papar Sih.

Sementara itu terkait Quick Wins, Hani, staf UPTD Puskesmas Panmas menjelaskan, Quick Wins adalah program untuk mendukung Nawacita dibidang kesehatan dalam rangka menurunkan angka kematian ibu bertujuan menjamin ketersedia darah untuk ibu hamil, ibu bersalin dan nifas serta meningkatkan peran serta masyarakat menjadi pendonor darah sukarela.

"Terkadang kan terjadi pendarahan pada ibu hamil atau ibu bersalin, untuk itu diperlukan ketersediaan darah yang cukup dan sesuai golongan darah maka dibutuhkan golongan darah anggota keluarga yang sama," pungkas Hani. (jaya)



No comments:

Post a Comment