Wujudkan Depok Yang Sehat, Aman Dan Tertib, Sukamaju Bentuk Bank Sampah Di Kampung Caraka RW 10

KabarPublik- Sukamaju 

Mewujudkan Kota Depok yang sehat, aman  tertib dan bersih, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong mengadakan kegiatan pembentukan bank sampah dan pemilahan sampah bagi warga Kampung Caraka RW 10 di aula kantor kelurahan tersebut, Kamis (16/8/23).

Kegiatan pembentukan bank sampah dan pemilahan sampah itu dibuka resmi Lurah Sukamaju, Indra Cahyadi.

Dalam sambutan dan arahannya, Lurah Sukamaju, Indra Cahyadi mengatakan, sesungguhnya di wilayahnya sudah banyak terdapat bank sampah di setiap lingkungan rukun warga (RW), sedangkan kegiatan saat ini lebih difokuskan di Kampung Cerdas Ramah Keluarga (Caraka) RW 10. 

" Jadi, kegiatan pembentukan bank sampah dan pemilahan sampah lebih difokuskan di Kampung Caraka RW 10 agar pengelolaan sampah lebih optimal," kata Indra.

Selain pengurus RT/RW dan warga RW 10, menurut dia, peserta itu diikuti para pengelola bank sampah RW lain, karena ada pula RW yang belum terbentuk bank sampah.

" Di Sukamaju ada 30 RW dan sudah banyak bank sampah, namun diantaranya tidak optimal," ungkapnya.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kampung Iklim (Proklim) Kampung Caraka tidak lepas dari dukungan terhadap Visi Misi Kota Depok: Maju,  Berbudaya dan Sejahtera.

"Tentu saja pembentukan bank sampah dan pemilahan sampah bagian dari Program Kampung Iklim dalam rangka mendukung Visi Misi Kota Depok yang kelima mewujudkan Kota Depok yang sehat, tertib, aman dan bersih," kata Indra.

Dengan pembentukan bank sampah dan pemilahan sampah ini, menurut Indra, tentunya bagaimana menyikapi agar lingkungannya sehat yang salah satunya adalah bagaimana mengupayakan  pengelolaan dan sosialisasi pengetahuan kepada masyarakat agar sampah benar-benar dikelola agar bermanfaat, bukan menjadi hal yang buruk.

"Besar harapan saya mudah-mudahan kegiatan ini senantiasa mendapat dukungan dan terealisasi di masyarakat," ujarnya.

Untuk itu sebelum sampah dibuang ke TPS (Tempat Pembuangan sampah Sementara) dan TPA (Tempat Pemrosesan sampah Akhir (TPA) Cipayung, Indra berharap, di setiap rumah tangga sudah dimulai pemilahan sampah 

"Mudah-mudahan kegiatan pemilahan sampah dari rumah tanggga bermanfaat karena hal ini selalu kita suport," kata Indra. (jaya).



No comments:

Post a Comment