Cari Pedagang Perempuan Inspiratif 2023, Herpan Bersama Tim Jabar Sambangi Tiga Pasar Di Depok

KabarPublik- Suktani 

Sedikitnya sembilan Pedagang dari tiga pasar tradisional di Kota Depok menjalani seleksi calon penerima penghargaan Pedagang Perempuan Inspiratif tingkat nasional tahun 2023, Selasa (10/10/23).

Ketua Tim Seleksi Pemilihan Pedagang Perempuan Inspiratif 2023 provinsi Jabar, Herry Pansila bersama tim mewawancari tiga pedagang Pasar Sukatani disaksikan Ketua UPT Pasar Sukatani, Tri Handoko dan Kasubag TU UPT Pasar Sukatani Rio Dasilva, Selasa (10/10/23).

Tim Seleksi tingkat provisi Jawa Barat (Jabar) wilayah Depok-Kerawang  beranggotakan tiga anggota yang dipimpim Herry Pansila (Herpan) mendatangi secara terpisah ketiga pasar tradisional yakni Pasar Sukatani, Pasar Tugu dan Pasar Cisalak untuk menyeleksi dengan mewawancari satu persatu sembilan pedagang dari ketiga pasar tersebut, Selasa (11/10/23).

Selain mewawancarai calon pedagang perempuan inspiratif Pasar Tugu, Tim Seleksi tingkat provisi Jawa Barat (Jabar) wilayah Depok-Kerawang  beranggotakan tiga anggota yang dipimpim Herry Pansila (Herpan) juga melihat suasana Pasar Tugu, Selasa (10/10/23).

Ditemui di Pasar Sukatani dan Pasar Tugu, Ketua Tim Seleksi Herry Pansila menjelaskan, dalam menyambut Hari Ibu tahun 2023 Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI mengadakan seleksi pemilihan Pedagang Perempuan Inspiratif pasar tradisional tahun 2023,  untuk menindak- lanjuti program nasional itu maka Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Jawa Barat melakukan seleksi terhadap para calon Pedagang Perempuan Inspiratif se wilayah Jawa Barat.

"Kebetulan saya bersama tim seleksi tingkat provinsi Jawa Barat mendapat tugas seleksi calon Pedagang Perempuan Inspiratif wilayah Depok dan Kerawang, untuk hari ini kami datang ke tiga pasar di Kota Depok untuk menyeleksi sembilan pedagang perempuan inspiratis di tiga pasar di Kota Depok,"  kata Herry Pansilla kepada KabarPublik.co.id, Selasa (10/10/23).

Dia menjelaskan, sembilan pedagang itu dari Pasar Sukatani, Pasar Tugu dan Pasar Cisalak nantinya dipilih setiap pasar hanya diwakili satu pedagang perempuan inspiratif dari Kota Depok yang akan diusulkan untuk mengikuti seleksi tingkat nasional.

"Seleksinya dimulai bulan Oktober tahun ini untuk mencari  setiap pasar satu orang yang akan diusulkan ke tingkat nasional," kata Herry Pansila yang akrab disapa Herpan itu.

Ketua tim seleksi tingkat provinsi Jabar yang pernah menjabat pumpinan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkot Depok itu berharap para pedagang perempuan inspiratif dari Kota Depok bisa terpilih menperoleh penghargaan Pedagang Perempuan Inspiratif Nadional tahun 2023.

Kriteri pedagang perempuan inspiratif, Herpan menjelaskan, dintaranya, pedagang yang minimal sudah 10 tahun menekuni usaha dagang di pasar, rutin membayar retribusi, berhasil menyekolahkan anak-anaknya hingga perguruan tinggi dan meraih gelar sarjana, dan hal lain yang inspiratif bagi pedagang dan masyarakat.

Tim Seleksi Pemilihan Pedagang Perempuan Inspiratis tingkat provinsi Jabar menyeleksi sembilan pedagang di ketiga pasar tradisional di Kota Depok.

Ketiga pedagang perempuan inspuratif Pasar Sukatani yang diseleksi yakni Hj Sri Lestari ( pedagang pakaian), Hasmawati, pedagang sayuran dan Wiwin, pedagang basah.

Selanjutnnya tim menyeleksi tiga pedagang lain di Pasar Tugu yakni Siti Masitoh (pedagang under waer), Endang (pedagang sayuran) dan Titi (pedagang pakaian daster).

Kepala UPT Pasar Sukatani, Tri Handoko dan Kepala UPT Pasar Tugu, Ikwam Suryadin mendukung program nasional itu karena dapat menginspirasi dan meningkatkan semangat bagi pedagang lain untuk lebih bersemangat berdagang di pasar tradisional.

"Pemilihan Pedagang Perempuan Inspiratif baru pertama di tahun ini akan memberikan semangat bagi pedagang lain untuk lebih bersemangat lagi berdagang di pasar tradisional," kata Tri Handoko.

Komentar serupa juga disampakan Ikwam Suryadin."Kegiatan pemilihan pedagang perempuan inspiratif ini kalau bisa setiap tahun diadakan, sehingga menginspiratif dan memotivasi pedagang lainnya," tutur Ikhwam. 

Kedua Kepala UPT Pasar itu berharap, pata peserta dari Depok bisa masuk seleksi tingkat nasional dan terpilih menjadi Pedagang Perempuan Inspiratif Nasional tahun 2023. (jaya).

No comments:

Post a Comment