Subscribe Us


 

Jelang Ramadhan, Pemkot Depok Jamin Stok Dan Harga Sembako Cukup Stabil

Kabar Publik- Cimanggis 

Pemkot Depok menjamin ketersedian dan harga sembilan bahan pokok (sembako) cukup stabil menjelang bulan Ramadhan 1445 H.

Hal itu disampaikan Asisten Sekretariat Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kora Depok, Fitriawan kepada wartawan seusai memimpin rombongan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Depok melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Cisalak, Kelurahan Cisalak Pasar (Cipas), Kecamatan Cimanggis, Kamis (8/3/24).

Dalam pemantauan sembako di Pasar Cisalak, Fitriawan menjelaskan, Pemkot Depok melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bersama Muspika Cimanggis terdiri dari Kapolsek dan Danramil Cimanggis, perwakilan BPOM Bogor-Depok, Dinas Ketahanan Pangan Depok,  unsur Kecamatan Cimanggis dan Kelurahan Cisalak Pasar melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait ketersediaan sembako menjelang Hari-hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti puasa dan Lebaran tahun ini.

"Kami sudah melihat dan mencoba mengecek langsung ketersediaan bahan pokok khususnya lima komoditas yakni beras, telor, daging ayam, daging sapi dan cabae. Secara umum ketersediaan pasokan aman dan secara umum ketersediaan barang-barang itu ada dan cukup untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari," papar Om Fit sapaan akrab  Fitriawan.

Terkait dengan harganya, Om Fit mengakui,  fluktuatif memang ada perbedaan dari lima jenis komoditas. " Misalnya hari hari berbeda dengan hari kemaren atau hari sebelumnya seperti cabae, dan lainnya, kami berharga kedepan tidak terjadi gejolak harga," ujarnya.

Untuk mengantisipasi gejolak harga, Pemkot Depok akan bekerjasama dengan daerah produsen seperti Cianjur, daerah produsen beras dan telor." Kedepan kita akan melaksanakan pasar murah di kelurahan-kelurahan," kata Om Fit. 

Kepala UPT Pasar Cisalak, Wahyu menjelaskan, harga sembako di pasar terjadi fluktuatif, apalagi menjelang hari-hari besar keagaman seperti bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

" Ya biasalah setiap tahun hari-hari besar keagamaan nasional (HBKN) seperti bulan puasa dan Lebaran harga sembako selalu naik karena meningkatnya permintaan masyarakat seperti daging sapi untuk dibuat semur, begitu pula ayam buat opor ayam," kata Wahyu.

Seperti tahun ini, menurut dia, harga sembako mengalami kenaikan Februari, hanya saja bersifsy fluktuatif." Jadi ada beberapa jenis sembako memang harganya naik, tetapi bersifsy fluktuatif," ujarnya.(jaya)


Post a Comment

0 Comments