Didukung Sekolah Swasta, Bekasi Buka Enam SMA/SMK Negeri

KabarPublik-Tambun
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menambah enam unit sekolah baru (USB)  tingkat SMA dan SMK Negeri di tahun ajaran 2018/2019 dan 2019/2020.

Seusai membuka SMAN 8, Herry  Pansila foto bersama pengelola sekolah itu.

Penambahan enam USB SMA/SMK Negeri mendapat dukungan dari sekolah swasta di wilayah tersebut.

Pada tahun ajaran 2019/2020 dibuka USB SMA&SMK negeri antara lain SMAN Negeri 4 Babelan yang menginduk ke SMA Negeri  2 Babelan, dan SMA Negeri 2 Cibarusah menginduk ke SMA Negeri 1 Cibarusah.
Sementara dua SMK Negeri yang dibuka yakni SMK Negeri Babelan 2 yang menginduk ke SMK Negeri 1 Babelan, dan SMK Negero 1 Cibitung yang menginduk ke SMK N 1 Tambelang.
Sebelumnya, pada tahun 2018, Pemkab Bekasi membuka dua unit sekolah baru (USB) yaitu SMA Negeri 8 Tambun Selatan yang menginduk ke SMAN 4 Tambun Selatan, dan SMA Negeri 9 Tambun Selatan yang menginduk ke SMA N  2 Tambun Selatan.
Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Jawa Barat (Jabar) wilayah 3, Herry Pansila mengatakan,  pembukaan enam sekolah negeri baru ini untuk memberi akses dan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat kurang mampu yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang SMA/SMK. Selain itu untuk meningkatkan Angka partisipasi Kasar (APK) di Kab. Bekasi.
"Besarnya minat masyarakat yang ingin melanjutkan sekolah di bangku SMA dan SMK di Kabuapten Bekasi ini cukup tinggi. Hal itu menjadi alasan kami langsung membuka enam unit sekolsh baru SMA/SMK Negeri," kata Herry kepada kabarpublik.co.id, Selasa (25/6/19).
Mengenai sikap pengelola sekolah swasta di Bekasi,  mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok itu menegaskan, tidak ada masalah."Mereka mendukung sepenuhnya dengan penambahan sekolah negeri baru,  karena untuk kepentingan nasional," ujarnya.
Sebab tujuannya untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat kurang mampu agar tidak ada warga Jawa Barat yang putus sekolah, lanjutnya.
“Jadi tahun 2018-2019, total sekolah baru yang dibuka di Kabupaten Bekasi ada enam unit sekolah baru,” tutur Herry.
Selain penambahan USB, Herry menambahkan, saat ini di SMK Negeri 8 Kota Bekasi juga ada kelas tambahan kompetensi  untuk jurusan penerbangan. Dan itu sudah dibuka pendaftarannya sejak 2018 kemarin. “Alhamdulillah ternyata minat masyarakat yang mendaftar ke SMK Negeri 8 untuk kompetensi penerbangan cukup tinggi,” katanya.
Herry bersyukur PPDB 2019 di Kab/Kota Bekasi kondusif dan lancar. “Semoga saja tahun depan bisa lebih kondusif lagi,” ujarnya. (jaya)

Post a Comment

0 Comments