Untuk Promosi Wisata Jatijajar, Lurah Mujahidin Gelar Pelatihan Fotografi Dasar Bagi Karang Taruna

KabarPublik-Jatijajar 

Dalam meningkatkan kapasitas dan sekaligus menyiapkan sumber daya manusia Karang Taruna yang berkualitas, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos menggelar pelatihan Fotografi Dasar di kantor kelurahan setempat, Selasa (5/7/22).

Selepas membuka resmi Pelatihan Fotografi Dasar Kelurahan Jatijajar tahun 2022, Camat Tapos Abdul Mutolib, Lurah Jatijajar Mujahidin dan Fotografer profesional, Hendra Lesmana foto bersama peserta di aula Kelurahan Jatijajar, Selasa (5/7/22).

Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Jatijajar tahun 2022 sehari itu dibuka resmi Camat Tapos Abdul Mutolib dengan milibatkan Hendra Lesmana, fotografer profesional pemilik Rumah Photo dan Mode.

Menandai berakhirnya kegiatan pelatihan fotografi dasar,  Lurah Jatijajar Mujahidin menyerahkan tripod (alat fotografi) kepada perwakilan peserta dengan disaksikan Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan (Kasi Kemaspel) Kelurahan Jatijajar, Maria Ulvah dan Fotografer profesional Hendra Lesmana, Selasa (5/7/22).

Dalam sambutan dan pengarahannya, Camat Tapos Abdul Mutolib mengapresiasi atas ide cemerlang Kelurahan Jatijajar memilih pelatihan fotografi dasar bagi karang taruna dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat tahun 2022.

"Saya mengapresiasi ide atau gagasan cerdas dari Kelurahan Jatijajar memilih pelatihan fotografi dasar bagi karang taruna. Kelihatannya fotografi itu gampang dan seperti tidak berguna. Padahal di era digitalisasi sekarang hasil-hasil karya fotografi sangat bagus dan bernilai ekonomi," kata Camat Tapos.

Fotografer profesional pemilik Rumah Photo dan Mode (RPM), Hendra Lesmana tengah memberikan arahan terkait properti yang menjadi obyek pelatihan fotografi dasar kepada para peserta di aula Kelurahan Jatijajar, Selasa (5/7/22).

Kalau belajar fotografi secara umum, menurut Camat, biayanya sangat mahal, namun di pelatihan fotografi dasar yang didanai Pemkot Depok para peserta memperoleh ilmunya secara gratis, apalagi nara sumber fotografer profesional.

"Saya meminta kegiatan ini diikuti peserta secara serius, karena teman-teman adalah orang -orang terpilih, jangan sia-siakan kesempatan hari ini," ujar Camat.

Saat menutup kegiatan itu, Lurah Jatijaja, Mujahidin mengatakan, hasil dari pelatihan fotografi dasar ini tentunya akan ada manfaatnya baik bagi peserta dan kelurahan, apalagi pihaknya nanti akan menggelar event Pesona Jatijajar di Setu Jatijajar pada Agustus nanti.

Selain akan dibuka Walikota Depok,Mohammad Idris, menurut Mujahidin, event Pesona Jatijajar juga akan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

"Di event Pesona Jatijajar akan dipanerkan potensi-potensi yang dimiliki Jatijajar, di sana para peserta pelatihan fotografi dasar ini bisa mengambil bagian dari event bergengsi itu," kata Mujahidin.

Alasan diadaknnya pelatihan fotografi dasar bagi anggota Karang Taruna, menurut dia, di era digitalisasi saat ini dunia fotografi semakin membumi, tidak sekedar hobi biasa, namun bila ditekuni akan bisa menjadi ladang usaha yang sangat prospek."Untuk kegiatan fotografi tidak berhenti di pelatihan ini saja, tetapi hendak para peserta terus mengembangkan fotografi bisa jadi profesi," ujarnya seraya menambahkan, sekitar 20 peserta anggota karang taruna ini adalah orang-orang terpilih karena penduduk Jatijajar berjumlah 38.000 jiwa.

"Untuk itu kami minta peserta nanti bisa menularkan ilmu fotografi ini kepada warga lainnya, sehingga warga bisa merasakan manfaatnya," ujarnya.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Jatijajar, Nuradin mengatakan, pihaknya siap menularkan ilmu fotografi dasar ini kepada warga lain melalui karang taruna tingkat rukun warga.

"Saya menyambut gembira atas pelatihan fotografi dasar ini untuk Karang Taruna, kami ucapkan terima kasih kepada Pak Lurah Jatijajar, Pak Camat dan Psk Walikota Depok," kata Nuradin.

Sementara itu pelatih fotografi dasar, Hendra Lesmana mengapresiasi dan menilai kegiatan ini merupakan ide dan gagasan cerdas dari Kelurahan Jatijajar karena jarang sekali dunia fotografi menjadi pilihan kegiatan pelatihan yang diadakan Pemkot Depok.

"Saya mengapresiasi ide dan gagasan cerdas ini, karena itu saya langsung penuhi permintaan secara dadakan dari Kelurahan Jatijajar. Tadi malam saya ditelpon, saya pun setuju," ucap Hendra, fotografer profesional pemilik Rumah Photo dan Mode (RPM) itu kepada KabarPublik.co.id di lokasi pelatihan, Selasa (5/7 /22). (jaya)


No comments:

Post a Comment