Ikalibels: Sahabatku Kau Saudaraku

KabarPublik- Jakarta 

Hj. Nuraini Zaini SE

 (pendiri Ikalibels)

Ikatan Alumni Limabelas (Ikalibels) adalah komunitas para alumni lulusan SMA Negeri 15 Jakarta. Tidak terasa kini berusia 25 tahun, kali pertama didirikan pada 23 November 1997 di Hotel Horison, Ancol, Jakarta Utara (Jakut).

Idris Leana angakatan 84 dan Bicclear angkatan 1977 ( berselempang ) dinobatkan sebagai pemegang mandat membentuk kepengeurusan IKALIBELS didamping Hj Nuraini Zaini dan Ir Arsil S (almarhum),  pemrakarsa.

Awal berdirinya IKALIBELS adalah pada pertengahan tahun 1997 ketika teman- teman saya angkatan 82, Arsil, Syahril, Kasni, Maswar berkunjung kekantor saya, Hotel Horison Jakarta dari silaturahim tersebut tercetus ide mengadakan hanya Reuni angkatan 82, namun ide meluas hingga akhirnya menjadi Reuni antar Lintas angkatan dan tidak tanggung-tanggung buat untuk kurun waktu dua dasawarsa (20 tahun ) reuni alumni dari tahun 1977-1997 . 

Mulailah membentuk kepanitiaan menunjuk Ir. Arsil sebagai Ketua Panitia dan Saya sebagai Koordinator pelaksana, Kasni sebagai Bendahara, pantia sebagian besar alumni angkatan 82 dan dibantu teman-teman dari angktan lainnya sebagai panitia penghubung dengsn angkatan masing-masing, Arsil sang ketua panitia saat itu bekerja di Pertamina Palembang, bukan merupakan hambatan setiap rapat di Hotel Horison Jakarta, beliau selalu hadir terbang dari Palembang ke Jakarta, mulailah membuat proposal dan sebar serta menghubungi teman-teman alumni dari angkatan lain selain angkatan 82.

Dukungan mengalir terus mulai dari angkatan tahun 1977 bang biclear dkk, dalam salah satu rapat panitia hadir seorang alumni dari angkatan 84, sosok berpenampilan sederhana ber+tshirt Polo dengan low profilenya dan spontanitas menyumbang dana sebesar Rp. 2 juta, jumlah cukup besar saat itu saya langsung berikan applause dan sosok yang lebih banyak senyum-denyum  itu adalah Idris Laena 

Seiring dengan persiapan Reuni Dasawarsa, timbul ide penerbitan dan penulisan buku sukses story alumni dan sejarah berdirinya lima belas . Persiapan berlangsung, mulai dari wawancara narasumber dgn kepala sekolah yang aktif maupun yang sudah pensiun serta beberapa alumni yang sukses meniti karir, namun saat ini buku tersebut tak kunjung terbit terkendala waktu dan dana untuk penerbitan itu, mungkin hal ini bisa dilanjutkan untuk direalisasikan karena melalui buku kita dapat meninggalkan rekam jejak, yang menjadi saksi dalam perjalanan hidup , setidaknya ada yg bisa dijadikan panutan bagi generasi penerus. 

Dukungan dan partisipasi mengalir terus dari alumni libels, saat itu terdata alumni yang hadir mencapai lebih 1000 orang, maka dipersiapkanlah Krakatau Convention Hall ruangan termegah dan terbesar Hotel Horison Ancol Jakarta, dengan membayar hanya Rp. 20 ribu/ per orang untuk biaya makan siang, ini adalah biaya super murah yang pernah diberikan Hotel Horison Jakarta yang bertindak sebagai Sponsor Utama dalam bentuk kontribusi makan siang discount hingga 50 % dan Voucher Menginap sbg Doorprize serta Kamar menginap untuk Panitia, waktu itu saya mengajukan proposal ke owner Hotel Horison Jakarta Bapak Boediman Kusika untuk promosi di event ini dan beliau menyetujui, memfasilitasi kebutuhan panitia seprti meminjamkan ruangan meeting secara gratis untuk setiap rapat panitia dan hari H acara . 


Pemberian nama IKALIBELS terbentuk di sela - sela rapat dan saya realisasikan melegitimasi Ikatan Alumni Libels dlm bentuk selempang yg dibuat secara mendadak pada hari H-1 yg akan dipakai oleh Calon Pengurus / Ketua yg tanpa pemilihan karena kami ( saya dan arsil ) bersepakat  tunjuk secara langsung yakni Bang Biklear dari angkatan 1977 karena kami nilai paling senior dan Idris Leana melihat kemampuan mengorganisir dan juga memiliki fasilitas serta finansil yg cukup memadai , untuk membentuk susunan pengurus IKALIBELS secara lengkap . 

Hadir memeriahkan Acara Hiburan pada saat acara Reuni Dasa Warsa , para Artis yg sudah tenar melalui Libels spt TRIO Libels, Cici Paramida, Aneke Putri, semua hadir dan tampil tanpa meminta imbalan kepada panitia sebagai sumbangsih mereka sudah dibesarkan oleh nama LIBELS 

Bapak dan ibu Guru - guru dan kepala sekolah serta mantan kepala sekolah hadir dari tiap angkatan hadir secara lengkap , Ruangan Krakatau Convention Hall yg besar masih kurang untuk menampung undangan yg melimpah ruah extend ruangan hingga ke area swimming pool . 

Acara diliput rekan jurnalist media elektronik TVRI, Indosiar, RCTI dan media cetak, spt Media Indonesia, Republika, Suara Pembaruan, Merdeka, Jayakarta, terdokumentasikan dalam cliping berita . 

Acara puncak Reuni Dasawarsa mendeklarasikan keberadaan Ikatan Alumni Libels dengan menobatkan Biclear SE dari Angkatan 77 sebagai Ketua Umum dan Ir HM Idris Laena MH dari angkatan 84 Sebagai Ketua 1 dan Ir Arsil S Yan dari angkatan 82  sebagai Ketua 2, dan dimeriahkan dengan perayaan ulang tahun bersama bagi yang berulang tahun dibulan Nopember . 

Peristiwa ini berlangsung  21 tahun yang lalu, saat suhu politik mulai memanas, suasana reformasi mulai menggeliat.

Masih terasa debar kehangatan dan gemuruh semangat di dalam hati  yang tak pernah henti, untuk kibarkan indahnya kebersamaan, bertemu dikau sahabat saudaraku, semoga IKALIBELS Sebagai wadah alumni Libels dapat menampung semua aspirasi maju dan terus berkembang, bergandeng tangan bersama anggota menyuarakan persatuan dan kesatuan, sahabatku kau saudaraku.

Lima hari lagi menuju REUNI AKBAR LIBELS 2022 , hajat besar segera digelar 

Sebagai pendiri Ikalibels merasa senang dan gembira peserta Reuni Akbar Libels (RAL) pada 26 November 2022 hingga 20 November 2022 tercatat 1.000 orang alumni dari berbagai angkatan, hal ini terbukti dari pembelian tiket, peserta terbanyak dari angkatan tahun 1990 dan 1988 

Sesama keluarga besar Alumni  klw dulu kita berteman sekarang bersaudara , inilah moment terbaik untuk menyatukan langkah 

"Silaturahmi itu adalah persaudaraan nan hebat. Ada berkah dan rahmat Allah Swt di dalamnya,"  tuturnya.



No comments:

Post a Comment