Subscribe Us


 

Pondokjaya Gelar Kegiatan Pemberdayaan Lansi Integrasi Dengn Proklim

KabarPublik- Pondokjaya 

Guna memotivasi agar tidak menjadi beban bagi diri sendiri, keluarga maupun lingkungan didalam kehidupannya, Kelurahan Pondokjaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok mengadakan kegiatan pemberdayaan lansia Integrasi dengan Proklim di pendopo kelurahan setempat, Selasa (29/8/23).

Kegiatan sehari yang diikuti sekitar 30 peserta itu dibuka Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Pondokjaya, ustad Marbawi mewakili Lurah Pondokjaya, Nurman Hakim.

 Dalam sambutan dan pengarahan saat membuka resmi kegiatan itu,  Sekkel Pondokjaya, ustad Marbawi mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan (Kasie Kemaspel) Kelurahan Pondokjaya, Ratna Kurniawati yang mengadakan kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemkot Depok terhadap keberadaan warga lanjut usia (lansia) yang ada di wilayah Pondokjaya.

Untuk itu, ustad Marbawi  berharap, kegiatan yang penting dan bermanfaat bagi warga lansia hendaknya diikuti para peserta secara serius."Sebab kegiatan pemberdayaan lansia integrasi Proklim (Program Kampung Iklim) sebagai bentuk perhatian Pemkot Depok melalui Kelurahan Pondokjaya," kata Marbawi.

Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan (Kasie Kemaspel) Kelurahan Pondokjaya, Ratna Kurniawati mengatakan, kegiatan pemberdayaan lansia integrasi dengan Proklim. Korelasinya, usia-usia tua dianggap selama ini tidak produktif dan tidak berguna. 

"Nah dengan melalui kegiatan ini kita memberikan memotivasi bahwa lansia harus mandiri, tangguh, lebih sejahtera dan berhubungan sosialnya tidak putus," jelas Ratna. 

Lebih lanjut, Ratna berharap, melalui kegiatan sehari ini minimal berguna untuk lansia sendiri, keluarganya dan lingkungan di sekitarnya didalam kehidupan setiap harinya.

" Sehingga warga lansia tidak menjadi beban untuk dirinya sendiri, keluarganya dan lingkungan sekitar," tuturnya.

Untuk itu warga lansia, menurut Ratna, dibawa pembinaan kelompok kerja lansia atau komunitas lansia, sehingga menjadi wadah atau tempat para lansia bisa saling berkomunikas dan berkoordinas agar lebih meniliki semangat hidup 

Kalau dilihat sesungguhnya warga lansia yang sudah pensiun atau tidak lagi bisa bejerja secara fisik itu lebih membutuhkan perhatian dari keluarga dan lingkungan. 

"Artinya warga lansia mungkin tidak lagi membutuhkan hal-hal bersifat materi lagi, tetapi mereka butuh perhatian dan apresiasi dari kita semua, nanti juga kita menjadi warga lansia, hanya proses waktu saja," pungkas Ratna. (jaya)


Post a Comment

0 Comments