Boponter Gelar Rakor Tuberkulosis, Camat Cipayung Berharap Petugas PMO Tetap Semangat Dan Jaga Kesehatan

KabarPublik- Boponter 

Petugas Pendamping Minum Obat (PMO) pasien tuberkulosis (Tb) diharapkan terus bersemangat dan tetap menjaga kesehatan.

Harapan itu disampaikan Camat Cipayung, Hasan Nurdin didamping Lurah Bojong Pondok Terong (Boponter), Adi Supriadi saat membuka Rapat koordinasi (Rakor) Pencegahan dan Pengendalian Tuberkulosis (Tb) Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter) di aula kelurahan setempat, Kamis (12/10/23).

Camat Cipayung, Hasan Nurdin memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Lurah Boponter dan Kasie Kemas atas pelaksanaan Rakor tersebut.

" Saya mengapresiasi diadakannya Rakor ini. Harapan saya agar petugas PMO terus bersemangat dan tetap menjaga kesehatannya dalam menunaikan tugas.mulianya membantu pasien Tb minum obatnya," kata Hasan Nurdin.

Kepala Seksi Kemasyarakatan Kelurahan Bojong Pondok Terong (Kasie Kemas Boponter), Eli Eliyawati mengatakan, Rapat koordinasi (Rakor) Pencegahan dan Pengendalian Tuberkulosis (Tb).

Rakor sehari diikuti sekitar 40 peserta dsri para ketua RW, ketua dan angggota Kelurahan Peduli Tuberkulosis (Kapitu), kader Pendamping Minum Obat (PMO).

Kader PMO berperan aktif membantu mendamping pasie Tb minum obat setiap hari selama enam bulan."Terkadang pasien lupa minum obat, sehingga kader PMO sangat dibutuhkan sebagai pendamping," kata Eli kepada KabarPublik.co.id, Kamis (12/10/23).

Eli mengingatkan, jika pasien satu hari saja tidak minum obat maka pasien harus kembali dari awal sampai enam bulan kedepan minum obatnya. Contohnya, jika pasien sudah 1-2 bulan rutin minum obat, tetapi bulan ketiga ternyata ada satu hari terhenti minum obatnya maka pasien tb harus mengulang minum obatnya lagi dari pertama untukn enam bulan kedepan 

"Sebab jika satu hari saja terhenti  minum obat maka kuman tb akan berkembangbiak lagi dan menyebar lagi," ujarnya.

Untuk itu dibutuhkan seorang tenaga kader PMO. PMO terdapat di setiap kungkungan rukun warga (RW)." Tenaga PMO ini benar-benar seorang kuat, sehat, namun tidak boleh lemah kondisi fisik dan mental, karena itu seorang PMO biasa memajai master berlapis untuk pencegahan dari kuman tb," ujarnya. (jaya)


No comments:

Post a Comment