Subscribe Us


 

Kelurahan Ratujaya Gelar Pelatihan Pekarangan Pangan Lestari Di Kampung Caraka RW 05

KabarPublik- Ratujaya 

Solusi ketahanan pangan dalam upaya penurunan stunting dan meningkatkan pendapatan rumah tangga, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok melaksanakan pelatihan pekarangan pangan lestari (P2L) di Kampung  Caraka RW 05, Selasa (25)7/23).

Kegiatan yang diikuti 35 peserta khusus warga Kampung Cerdas Ramah Keluarga (Caraka) RW05 Kelurahan Ratujaya itu dibuka resmi Camat Cipayung, Hasan Nurdin di bekas kantor Kelurahan Ratujaya.

Dalam sambutannya, Camat Cipayung, Hasan Nurdin mengatakan, Kampung Caraka adalah kampung yang berada di level RW dengan program lintas sektor terintegrasi."Tujuannya untuk mewujudkan Ketahanan Keluarga (Family Resilience) dan Kampung Cerdas (smart kampung)," kata Hadan Nurdin.

Menurut Camat, selama ini banyak sekali kegiatan-kegiatan yang titik beratnya di level kelurahan." Nah, Pemkot Depok ingin mengintegrasikannya paling efektif adalah di sebuah lokus, agar jelas terlihat progres peningkatan sumber daya manusianya," tandasnya.

Sementara itu, Lurah Ratujaya, Bambang Sugiharto mengatakan, warga RW 05 yang lingkungannya ditetapkan sebagai Kampung Caraka harus inten menjaga dan merawat program pembangunan yang sudah diberikan pemerintah.

"Apa yang sudah diberikan pemerintah dalam bentuk pembangunan tidak cukup dirasakan saja, tetapi warga harus rutin menjaga dan merawat, apalagi anggarannya dari masyarakat  yang telah membayar pajak daerah," paparbya.

Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan (Kasie Ekbang) Kelurahan Ratujaya, Eko Hidayat menjelaskan, pelatihan pekarangan pangan lestari (P2L) lokus kegiatannya di RT04/ RW 05 Kampung Caraka.

Menurut Eko, di lingkungan RT04 nantinya akan dilakukan kegiatan P2L seperti menanam sayur-sayuran seperti Pokcai, sawi, Kangkung dan terintegrasi dengan gemar makan ikan.

"Kegiatan hari ini program lanjutan untuk Kampung Caraka, lokus kegiatannya di RT.04, di setiap RT nantinya berbeda program pembangunannya," Eko menjelaskan.

Kegiatan yang diikuti 35 peserta khusus warga Kampung Cerdas Ramah Keluarga (Caraka) RW05 , jelas Eko,  terdiri dari unsur PPK Keurahan Ratujaya, Pokja Jelurahan Sehat, kekinpok wanita tani (KWT), karang taruna, pengurus RT/RW05. (jaya)






Post a Comment

0 Comments