Subscribe Us


 

LAKM Akan Gelar Dialog Interaktif Minangkabau Menuju Kepunahan

Kabar Publik- Jakarta 

Lembaga Adat dan Kebudayaan Minangkabau (LAKM) merasa terpanggil mengadakan Dialog Interaktif Minangkabau Menuju Kepunahan, di Universitas Yarsi, Jakarta Pusat, Sabtu (8/6/24).

Ketua Panitia Dialog Interaktif, Edwel dt Gampo alam , Nurtini Humas LAKM , Nuraini Bendahara LAKM ,  Prof .dr.H.Fasli Jalal Ph.D , Pendiri LAKM, Azmi dt Bagindo Ketum LAKM

Ketua Panitia Dialog Interaktif Minangkabau Menuju Kepunahan, Edwel SH Dt Rajo  Gampo Alam mengatakan, LAKM) merasa terpanggil mengadakan Dialog Interaktif Adat dan kebudayaan minangkabau, dengan mengundang para niniak mamak, para pemuka dan tokoh masyarakat, perantau minang, serta para ketua organisasi Minangkabau yang berdomisili di Jabodetabek.

"Acara diadakan Sabtu 8 Juni 2024 di ruangan seminar rektorat lt 1 , Universitas Yarsi, Jakarta Pusat," kata Edwel SH Dt Rajo  Gampo Alam di Jakarta, Sabtu (1/06/24).

Dialog Interaktif Minangkabau Menuju Kepunahan ini didasari atas keprihatinan situasi dan kondisi Lenyapnya Peranan Adat Minangkabau di Nagari " 

Minangkabau kembali berduka, akibat terjadinya musibah “Galodok Besar” Mengakibatkan terputusnya perhubungan di sekeliling Gunung Merapi, dan korban jiwa serta kerugian harta benda, seperti rumah, dan sawah ladang. 

Banyak yang berpendapat, bahwa ini adalah merupakan peringatan untuk masyarakat Minangkabau yang menganut filsafah “Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah” (ABS-SBK) 

Pendapat ini berdasarkan, pada tahun 2023 Sumbar mendapat Ranking tertinggi LGBT, Narkoba dari tahun ke tahun kasusnya meningkat. 

Ada anjuran agar masyarakat Minang mengadakan Taubatan Nusuha, dan doa tolak bala di kaki Gunung merapi, serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam filsafah ABS-SBK, kembali ke surau dan ramaikan masjid. 

Kondisi tersebut sudah lama dirasakan oleh tokoh dan pemuka masyarakat Minangkabau.

Adat Minangkabau berada pada titik “Nadir”,  mirisnya pendapat yang mengatakan hanya untuk dibicarakan bukan untuk dilaksanakan .

Aturan Adat  tidak berfungsi,  niniak mamak tidak berperan di nagari-nagari di Sumatera Barat,  dan filsafah “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”  (ABS-SBK) hanya selogan saja.

Sehingga banyak hal-hal yang terjadi di tengah masyarakat yang tidak sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai  ABS-SBK. 

Pembicara / Narasumber adalah Azmi Datuak Bagindo Selaku Ketua Umum LAKM,  IRS Datuak Gampo  Sinaro Ketua Bidang Adat LAKM, dengan Keynote Speaker Prof dr H. Fasli Jalal,  Ph.D selaku pendiri LAKM, dengan Moderator Dr (c) Ir Dedi Yusmen,MBA. MEsy, Datuak Rajo Panghulu Nan Tinggi (Sekjen LAKM).

Dan penanggap materi ; Drs H Aristo Munandar Anggota DPR RI Periode 2014-2019 yang  melahirkan Perda No 7 th 2018 tentang Pelaksanan adat dinagari

Angku Irjen Polisi (Pur) Marwan Paris Dt. Maruhum Saripadi, Dr. Djoni Dt. Marajo,  , Drs.Taufik SH, Pakiah Bagindo

"Hasil dari Dialog Interaktif ini akan dituangkan dlm bentuk Rekomendasi yang akan ditanda tangani oleh Prof .dr.H.Fasli Jalal Ph.D," pungkas Edwel.

Dialog interaktif secara online  melalui zoom di Link: https://us02web.zoom.us/j/87400582805?pwd=O0DvgTYOtCIUffFYyqKiznHzj45VEB.1. (jaya)

.




Post a Comment

0 Comments